Pemprov Sumsel Komitmen Respons Cepat Aduan Masyarakat Lewat SP4N-LAPOR!

Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan komitmen dalam memberikan pelayanan publik yang responsif. Ini ditunjukkan melalui Rapat Koordinasi dan Coaching SP4N-LAPOR! yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Sumsel H Edward Candra di Ruang Rapat Bina Praja, Rabu (10/9/25).

Edward menegaskan SP4N-LAPOR! adalah instrumen penting dalam membangun kedekatan antara pemerintah dengan rakyat. Dengan layanan ini, setiap keluhan masyarakat dapat diterima, direspons dan ditindaklanjuti secara cepat.

Ia mengingatkan OPD agar proaktif menindaklanjuti setiap laporan. “Media sosial kini menjadi ruang publik untuk menyampaikan aduan, maka SP4N-LAPOR! hadir sebagai saluran resmi yang memastikan semua laporan warga mendapat perhatian,” kata Edward.

Edward mengimbau agar semua OPD tidak hanya sekadar menindaklanjuti laporan, tetapi juga memperbarui perkembangan setiap aduan. “Keterbukaan informasi sangat penting. Masyarakat perlu tahu sejauh mana laporan mereka diproses,” tambahnya.

Kepala Dinas Kominfo Sumsel Rika Efianti turut menegaskan bahwa pihaknya telah menyusun Roadmap percepatan SP4N-LAPOR! untuk periode 2025–2029. Rencana kerja ini menjadi pedoman agar penanganan aduan publik lebih terarah dan terukur. (ril)